Selasa, 18 September 2018

Kopi Arabika Indonesia Mendunia


Gubuk Coffee ~ Kopi arabika merupakan komoditas ekspor yang menyumbangkan devisa bagi negara. Di dunia, kopi arabika Indonesia cukup terkenal dan punya nama. Namun, pengelolaan kopi arabika masih terbatas, karena sekitar 96 persen kopi arabika Indonesia diproduksi oleh petani agroforest skala kecil.

Kebutuhan dunia akan kopi arabika konon kabar terus meningkat, hal tersbeut merupakan potensi bagi Indonesia meningkatkan ekspor dan pendapatan. Serta potensi juga bagi petani lokal untuk mendulang pendapatan dan penghidupan yang layak.

Dikutip dari laporan pendahuluan penelitian Eka Wahyuni, dkk dengan judul penelitian, "Analysis of Taste Quality of Organic Arabica Coffee in Several Altitudes and Processing Techniques in Gayo Highlands," dijelaskan bahwa, "provinsi Aceh dan Sumatera Utara merupakan penyumbang lebih dari 50% produksi kopi Arabika nasional."

Akhir-akhir ini juga dikabarkan, bahwa kopi arabika juga digandrungi oleh orang Amerika Serikat, sebab kopi arabika mempunyai rasa khas (specialty taste). Dan, konsumsi kopi arabika juga berkembang pesat di negara maju lainnya.(*)

Next
This Is The Current Newest Page